Senin, 20 Oktober 2014

RPP KELAS 4 SD ( TEMA 2 )



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         :  SDN Tandang 03
Kelas / Semester             :  4 /1
Tema                               :  Selalu Berhemat Energi (Tema 2)
Sub Tema                        :  Gaya dan Gerak (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke            :  5
Alokasiwaktu                  : 1 x Pertemuan (2 x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
IPA
Kompetensi Dasar:
3.3      Mengidentifikasi, membedakan, dan menjelaskan hubungan antara gaya, gerak dan energi dalam akivitas sehari-hari melalui kegiatan eksplorasi dan mengamati berbagai aktivitas mahluk hidup/benda di lingkungan sekitar sekolah.
3.4      Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.4           Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi
Indikator:
3.3     Mengidentifikasi hubungan antara gaya, gerak, dan energi dalam kehidupan sehari-hari

PPKn
Kompetensi Dasar:
4.2      Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3      Bekerjasama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
Indikator:
4.2     Menjelaskan pentingnya menjalankan kewajiban sebagai anak di rumah dan di sekolah
SBdP
Kompetensi Dasar:
3.5      Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif.
4.14    Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di lingkungan.
Indikator:
4.14   Membuat pesawat kertas untuk membuktikan hubungan gaya gerak dan energi dalam kehidupan sehari-hari

C.     TUJUAN
·         Dengan kegiatan membuat pesawat kertas, siswa mampu meningkatkan keterampilan melipat.
·         Setelah membuat pesawat kertas, menerbangkan dan mengamatinya,
·          siswa mampu membuktikan hubungan gaya, gerak, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
·         Setelah kegiatan diskusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya menjalankan kewajiban sebagai anak di rumah dan di sekolah.

D.    MATERI
Benda-benda di kelas untuk eksplorasi gaya, gerak, dan energi.
      Teks tentang pesawat kertas.
       Hubungan antara gaya, gerak, dan energi.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Benda-benda di kelas untuk eksplorasi gaya gerak dan energi







G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
·         Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
·         Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
·         Guru menyampaikan  tujuan  pembelajaran dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
·         Guru dan peserta didik menyiapkan alat dan bahan untuk proses pembelajaran yaitu kertas lipat, penggaris dan pensil.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
·         Guru bertanya kepada siswa tentang mainan yang  bias dibuat dari kertas lipat.
·         Seluruh peserta didik diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan dari guru.
·         Guru menyuruh peserta didik membentuk kelompok kerja, setiap kelompok 5 peserta didik.
·         Guru menyuruh peserta didik membuka hal buku siswa hal. 97
·         Peserta didik membaca buku materi
·         Peserta didik mendengarkan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan selama pembelajaran yaitu mengenai cara pembuatan pesawat terbang dari kertas lipat dengan bantuan LK 1
·         Peserta diddik mencoba membuat pesawat mainan dari kertas lipat dan mencoba menerbangkannya.
·         Setelah menerbangkan pesawatnya peserta didik disuruh memajang di papan pajangan
·         Guru menyuruh peserta didik menceritakan pengalamannya ketika membuat pesawat kertas
·         Peserta didik menjawab pertanyaan di buku hal 97
·         Guru menyiapkan rubric penilaian pembuatan pesawat kertas
·         Salah satu perwakilan kelompok dipanggil kedepan untuk mengambil pesawat dan mencoba menerbangkannya , peserta didik yang lain mengamati dengan cermat
·         Peserta didik diberi waktu beberapa menit untuk mengamati, kemudian hasil pengamatan tersebut untuk mengkaji, menghubungkan dan menalar tentang gaya yang dipakai untuk menerbangkan pesawat
·         Setiap kelompok menerima LK2 untuk memandu kegiatan diskusi selanjutnya
·         Peserta didik mendengarkan arahan guru agar dalam kegiatan diskusi dapat bekerjasama dengan baik, santun dan menghargai pendapat teman
·         Dengan menggunakan bacaan cerita tentang gaya, gerak dan energy peserta didik diminta untuk menyebutkan gaya yang dipakai untuk menerbangkan pesawat, serta hubungan gaya dan gerak
·         Selesai diskusi guru mengajak peserta didik bermain tepuk tangan untuk memilih salah satu kelompok melaporkan hasil diskusi di depan teman-temannya
·         Kelompok yang lain mendengarkan, mencermati, menanggapi, memberikan informasi atau saran kemudian bersama guru merefleksinya
·         Dalam pelaksanaan diskusi guru melakukan penilaian sikap peserta didik

    50
    menit

Kegiatan
Penutup
·         Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
·         Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
·         Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka
·         Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
·         Guru menyampaikan pesan moral untuk memanfaatkan gerak dan energy dengan bijak.
·         Salam dan doa penutup.
    15
    menit

.

H.    PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).

  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.







3.      Rubrik Penilaian


Mengetahui
Kepala Sekolah,



Suharningsih,S.Pd
 NIP.
                   Semarang,
Guru/Wali Kelas 4A,



Denis.Panca Edhi Nugroho
NIP.-







Materi Pembelajaran




Tidak ada komentar:

Posting Komentar