RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SDN Tandang 03
Kelas / Semester :
4 /1
Tema :
Selalu
Berhemat Energi (Tema 2)
Sub Tema :
Gaya dan Gerak (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke
: 5
Alokasiwaktu : 1 x Pertemuan (2 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerimadanmenjalankanajaran agama yang
dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
IPA
Kompetensi
Dasar:
3.3
Mengidentifikasi,
membedakan, dan menjelaskan hubungan antara gaya, gerak dan energi dalam
akivitas sehari-hari melalui kegiatan eksplorasi dan mengamati berbagai
aktivitas mahluk hidup/benda di lingkungan sekitar sekolah.
3.4
Membedakan
berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari.
4.4
Menyajikan hasil
percobaan atau observasi tentang bunyi
Indikator:
3.3 Mengidentifikasi hubungan antara gaya,
gerak, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
PPKn
Kompetensi
Dasar:
4.2
Melaksanakan
kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3
Bekerjasama
dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
Indikator:
4.2 Menjelaskan pentingnya menjalankan kewajiban
sebagai anak di rumah dan di sekolah
SBdP
Kompetensi Dasar:
3.5
Mengetahui
berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif.
4.14
Membuat
karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran dengan
memanfaatkan bahan di lingkungan.
Indikator:
4.14 Membuat pesawat kertas untuk membuktikan
hubungan gaya gerak dan energi dalam kehidupan sehari-hari
C.
TUJUAN
·
Dengan kegiatan membuat
pesawat kertas, siswa mampu meningkatkan keterampilan melipat.
·
Setelah membuat pesawat
kertas, menerbangkan dan mengamatinya,
·
siswa mampu membuktikan hubungan gaya, gerak,
dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
·
Setelah kegiatan
diskusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya menjalankan kewajiban sebagai anak
di rumah dan di sekolah.
D. MATERI
Benda-benda di kelas untuk
eksplorasi gaya, gerak, dan energi.
Teks tentang
pesawat kertas.
Hubungan antara
gaya, gerak, dan energi.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. SUMBER DAN MEDIA
·
Diri
anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku
Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Benda-benda
di kelas untuk eksplorasi gaya gerak dan energi
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
·
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
·
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
·
Guru dan peserta didik menyiapkan alat dan bahan
untuk proses pembelajaran yaitu kertas lipat, penggaris dan pensil.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
·
Guru bertanya kepada siswa tentang mainan yang
bias dibuat dari kertas lipat.
·
Seluruh peserta didik diberi kesempatan untuk
menjawab pertanyaan dari guru.
·
Guru menyuruh peserta didik membentuk kelompok
kerja, setiap kelompok 5 peserta didik.
·
Guru menyuruh peserta didik membuka hal buku siswa
hal. 97
·
Peserta didik membaca buku materi
·
Peserta didik mendengarkan mengenai kegiatan yang
akan dilaksanakan selama pembelajaran yaitu mengenai cara pembuatan pesawat
terbang dari kertas lipat dengan bantuan LK 1
·
Peserta diddik mencoba membuat pesawat mainan dari
kertas lipat dan mencoba menerbangkannya.
·
Setelah menerbangkan pesawatnya peserta didik
disuruh memajang di papan pajangan
·
Guru menyuruh peserta didik menceritakan
pengalamannya ketika membuat pesawat kertas
·
Peserta didik menjawab pertanyaan di buku hal 97
·
Guru menyiapkan rubric penilaian pembuatan pesawat
kertas
·
Salah satu perwakilan kelompok dipanggil kedepan
untuk mengambil pesawat dan mencoba menerbangkannya , peserta didik yang lain
mengamati dengan cermat
·
Peserta didik diberi waktu beberapa menit untuk
mengamati, kemudian hasil pengamatan tersebut untuk mengkaji, menghubungkan
dan menalar tentang gaya yang dipakai untuk menerbangkan pesawat
·
Setiap kelompok menerima LK2 untuk memandu kegiatan
diskusi selanjutnya
·
Peserta didik mendengarkan arahan guru agar dalam
kegiatan diskusi dapat bekerjasama dengan baik, santun dan menghargai
pendapat teman
·
Dengan menggunakan bacaan cerita tentang gaya, gerak
dan energy peserta didik diminta untuk menyebutkan gaya yang dipakai untuk
menerbangkan pesawat, serta hubungan gaya dan gerak
·
Selesai diskusi guru mengajak peserta didik bermain
tepuk tangan untuk memilih salah satu kelompok melaporkan hasil diskusi di
depan teman-temannya
·
Kelompok yang lain mendengarkan, mencermati,
menanggapi, memberikan informasi atau saran kemudian bersama guru
merefleksinya
·
Dalam pelaksanaan diskusi guru melakukan penilaian
sikap peserta didik
|
50
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
·
Siswa
melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
·
Siswa
menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami,
serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
·
Guru
mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa
membacakan jawaban mereka
·
Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya
dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya.
·
Guru menyampaikan pesan moral untuk memanfaatkan
gerak dan energy dengan bijak.
·
Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
.
H. PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
3. Rubrik Penilaian





Mengetahui
Kepala Sekolah,
Suharningsih,S.Pd
NIP.
|
Semarang,
Guru/Wali Kelas 4A,
Denis.Panca Edhi Nugroho
NIP.-
|
Materi Pembelajaran




Tidak ada komentar:
Posting Komentar