Senin, 20 Oktober 2014

PROPOSAL KEGIATAN DIANPIRU

I.            PENDAHULUAN
Kegiatan organisasi Kepanduan (Kepramukaan) dapat menumbuhkanmental yang positif serta mengembangkan dan meningkatkan kreatifitas bagi anggotanya agar dapat beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta memiliki rasa tanggungjawab.
Usaha pencapaian hal tersebut dapat dilakukan melalui penyelenggaraan kegiatan yang menarik, bermutu dan mengandung pendidikan sesuai dengan perkembangan peserta didik. Melalui suatu bentuk kegiatan diharapkan anggota Pramuka dapat mengapresiasikan dan mengaktualisasikan segala bentuk pemikirannya untuk dapat melaksanakan suatu kegiatan yang positif di kalangan remaja.
Untuk itu bersamaan dengan Hari Pramuka ke–50 dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke–66  maka kami bermaksud memperingati hari bersejarah tersebut melalui kegiatan “Perkemahan Tingkat Penggalang SDN Cinagara 03 Dalam Rangka Memperingati Hari Pramuka Ke-50 dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-66“. Gerakan Pramuka Gugus Depan SDN Cinagara 03 merupakan wadah kegiatan pramuka yang aktif  ikut serta berpartisipasi menyelenggarakan kegiatan pembinaan kepramukaan  di wilayah Kwartir Ranting 11.01.05 di Kecamatan Caringin.
Untuk lebih memantapkan konsistensi sebagai pangkalan yang eksis menyelenggarakan kegiatan kepramukaan, baik internal maupun eksternal maka Gugus Depan SDN Cinagara 03 menyelenggarakan kegiatan Geladian Pimpinan Regu atau disingkat DIANPINRU Tahun 2014.  Dianpinru adalah salah satu usaha pelaksanaan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan, khususnya penggunaan sistem beregu dalam pasukan penggalang. Dianpinru merupakan sarana pemberian geladian atau latihan bagi pemimpin regu dan wakil pemimpin regu. Dianpinru juga sebagai sarana bagi para Pembina pramuka dan pembantu Pembina pramuka untuk menerapkan sistem among, yaitu memberi kepercayaan dan tanggung jawab kepada para pemimpin regu dan wakil pemimpin regu, untuk bersama-sama belajar mengelolah dan memimpin regunya.

II.            DASAR KEGIATAN
1.       Anggaran Dasar Gerakan Pramuka Bab II pasal 4 yang berbunyi Gerakan Pramuka mendidik dan membina kaum muda Indonesia guna mengembangkan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisiknya sehingga menjadi :
a.       manusia berkepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur yang : (1) beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kuat mental, emosional, dan tinggi moral, (2) tinggi kecerdasan dan mutu keterampilannya, (3) kuat dan sehat jasmaninya,
b.      warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan, baik lokal, nasional, maupun internasional.
2.       Anggaran Dasar Gerakan Pramuka Bab II pasal 5 berbunyi Gerakan Pramuka mempunyai tugas Lpokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan nasional serta membangun dunia yang lebih baik.
3.       Peringatan Hari Pramuka dan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia dapat menumbuhkan jiwa patriotisme yaitu peduli terhadap bangsa, negara, sesama manusia, dan alam serta isinya.
4.       Peduli terhadap sesama dan diri sendiri.
5.       Perkemahan merupakan salah satu bentuk olahraga masyarakat yang mudah diikuti oleh siapapun sehingga dapat menumbuhkan dan memelihara komunikasi yang sehat, sportif, berprestasi serta mempunyai semangat solidaritas yang tinggi.
6.       Sebagai manifestasi untuk taat kepada Kode Kehormatan Pramuka yaitu Satya dan Darma Pramuka.


III.         NAMA KEGIATAN
DIANPINRU 2014

IV.         TEMA DAN MOTTO KEGIATAN
Menanamkan Jiwa Kepemimpinan Sejak Dini

V.         WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Dengan bermalam
Hari               : Sabtu-Minggu
Tanggal          : 23-24 Agustus 2014
Tempat          : SDN Cinagara 03

VI.         TUJUAN
a. Membentuk pemimpin regu dan wakil pemimpin regu yang baik dan cakap.
b. Mendorong para pembina pramuka dan pembantu pembina pramuka menerapkan sistem among           dan sistem beregu sebaik-baiknya.
c. Memberi latihan praktek secara praktis kepada para pemimpin regu dan wakil pemimpin regu   penggalang, dalam usaha mempraktekkan sistem beregu sebagai bekal untuk mengelola dan     memimpin regunya, serta membina kerjasama yang baik dalam pasukannya.
Sasaran dianpinru adalah agar para pemimpin regu dengan dibantu oleh para wakil pemimpin regunya mampu :
a. Mengelola dan memimpin regunya
b. Menyelenggarakan administrasi dan keuangan regunya
c. Merencanakan, melaksanakan dan mengadakan penilaian atas program kerja serta acara latihan            dan kegiatan regunya
d. Membuat laporan tentang pelaksanaan program kerja dan kegiatan regunya
e. Meningkatkan mutu kecakapan, ketrampilan dan kemampuan dirinya sendiri dan anggota         regunya
 f.      Membina kerjasama yang baik dalam pasukannya
g. Bermusyawarah  secara aktif  dalam dewan penggalang di pasukannya, untuk mewakili regunya

VII.         BENTUK DAN JENIS KEGIATAN
a. Dianpinru dilaksanakan dalam bentuk latihan atau kegiatan praktek secara praktis, dengan memberikan sekedar teori secara praktis pula, guna menjelaskan segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan tersebut
b. Dianpinru  dilaksanakan :
1) Tanpa bermalam, diadakan beberapa kali latihan dalam jangka waktu tertentu
2) Dengan bermalam ditenda dalam perkemahan atau dalam asrama kelas

VIII.         PESERTA

Kelas VA
Putra              : 13 siswa
Putri               : 24 siswa
Jumlah seluruhnya 37 siswa

Kelas VB
Putra              : 14 siswa
Putri               : 25 siswa
Jumlah Seluruhnya 39 siswa

Kelas VIA
Putra              : 15 siswa
Putrid             : 24 siswa
Jumlahseluruhnya 39 siswa

Kelas VIB
Putra              : 14 siswa
Putri               : 25 siswa
Jumlah seluruhmya 39 siswa
Jumlah seluruh peserta 154 siswa



IX.         PANITIA
Pelindung                              : Komite Sekolah Dasar Negeri Cinagara 03
Penanggungjawab                  : Kepala Sekolah Dasar Negeri Cinagara 03
Penasehat                              : Dewan Guru SDN Cinagara 03
                                              : Pembina Gudep SDN Cinagara 03
Koordinator Pelaksana                      : Eko Sulistyo & Ujang Anton
Ketua Pelaksana                    : Jalu Juliansyah
Sekertaris                               : CC. Aschyfa Najwa
Bendahara                             : Siti Khopipah
SEKSI – SEKSI
1. Sie. Kegiatan                     : Cyndy Tiara Paramitha (Koordinator),
                                                Siti Nurlaela, Yulia Rahmawati, Aulia Irsyad Fahmi
2. Sie. Humas                        Syahputri Marchelia (Koordinator)
                                                Vini Vebriani, Novi Astriani, Vina Vebriana, Siti Misdariah
3. Sie. Logistik                       : Ahmad Firdaos (Koordinator),
                                                            M. Rizal Sopandi, Dede Handayani, Gugun Gumilar
4. Sie. Keamanan                  : Salma Amalia Sandra (Koordinator)
                                            Ayu Apriliani, Siti Laraswati, Rosita Permatasari, Siti Zakiah M
5. Sie. Kesehatan                   : Aulia Irsyad Fahmi (Koordinator)
                                                Siti Nadiah Rahmawati, Damayanti, Zakiatunnisa,
                                                Nurkania Kresna Puspa, Siti Nurlaela, Yulia Rahmawati
6. Sie. Konsumsi                   : Siti Neneng Hasanah ( Koordinator)
                                                Ririn Aldawiyah, Rini Sulistiani, Nur Maya Sari, Evi Salviah
7. Sie. Pubdok                       : Siti Salma Nur Aulia (Koordinator)
                                                Damayanti, Maya Andika, Siti Fatimah Irmawati
8. Tim Survai                                     : Siti Nurlita (Koordinator)
                                                Rima Yulia, Ita Rosita, Siti Elsa, Uni Meilani Sobandi, vivin                                                             sapinah

X.          JADWAL KEGIATAN
JADWAL KEGIATAN PERKEMAHAN SABTU MINGGU
PENGGLADIAN PEMIMPIN REGU
2014
NO
WAKTU
Uraian Kegiatan
Keterangan

Sabtu, 19 Mei 2012
1.
15.30-16.00
Upacara Pembukaan
All
2.
16.00-17.30
Uji Tanda Kecakapan Khusus (TKK)
Peserta
3.
17.30-19.30
Isoma
All
4.
19.30-20.30
Upacara Api Unggun dan Pelantikan Penggalang Rakit
Peserta

Minggu, 20 Mei 2012
1.
04.30-05.00
Shalat Subuh berjamaah
All
2
05.00-06.00
Olahraga Pagi
All
3.
06.00-07.00
MCK dan Sarapan  Pagi
All
4.
07.00-08.30
Out Bound
Peserta
5.
08.30-09.00
Pramuka Peduli Lingkugan
Peserta
6.
09.00-10.00
Upacara Penutupan Geladian Pimpinan Regu
All
7.
10.00-
Sayonara
All


XI.          ANGGARAN KEGIATAN
KESEKRETARIATAN
1. Pembuatan proposal.................................................................... Rp  20.000,-
2.  Pembuatan dan penggandaan surat............................................. Rp  10.000,-
3.  Penyebaran proposal dan surat ...................................................  Rp  20.000,-
4.  ATK            .................................................................................... Rp  25.000,- +
Jumlah          .................................................................................... Rp  75.000,-
PERLENGKAPAN DAN LOGISTIK
1. Label panitia Rp 1.500,- X @ 45....................................................... Rp   67.500,-
2. Label peserta (pemimpin regu) Rp 1.000,- X @ 40........................... Rp   40.000,-
3. LCD Projektor............................................................................... Rp 150.000,-
4. Piala/Medali & Piagam Penghargaan.............................................. Rp 250.000,- +
    Jumlah.......................................................................................... Rp 507.500,-
KONSUMSI
1. Konsumsi tamu Rp 10.000,- X 10 orang.......................................... Rp 100.000,-
2. Konsumsi panitia Rp 10.000,- X 45 orang........................................ Rp 450.000,- +
    Jumlah......................................................................................... Rp 550.000,-
PUBLIKASI dan DOKUMENTASI
Cuci cetak + Album.......................................................................... Rp 200.000,-
PERTOLONGAN PERTAMA GAWAT DARURAT ( PPGD )
Obat-obatan................................................................................... Rp 100.000,-
BIAYA TAK TERDUGA (HONOR NARASUMBER)
Honor Narasumber 6 orang X Rp. 50.000,-........................................ Rp 300.000,-
Biaya tak terduga............................................................................. Rp 200.000,- +
                                                                                                                                          Rp 500.000,-

REKAPITULASI ANGGARAN
A.     Pengeluaran
1. Kesekretariatan .................................................................... Rp      75.000,-
2. Perlengkapan dan Logistik...................................................... Rp    507.500,-
3. Konsumsi............................................................................... Rp    550.000,-
4. Publikasi dan Dokumentasi..................................................... Rp    200.000,-
5. PPGD..................................................................................... Rp    100.000,-
6. Biaya Tak Terduga.................................................................. Rp    500.000,- +
    Jumlah................................................................................... Rp 1.932.500,-
           Terbilang : (Satu Juta Sembilan Ratus Tiga Puluh Dua Ribu Lima Ratus Rupiah).

B.      Pemasukan
1. Subsidi/Bantuan sekolah........................................................ Rp   …..………
2. Uang Kas............................................................................... Rp  100.000,-
3. Dana kolektif siswa (Penggalang) @ Rp. 1.000,- X 201 orang..... Rp  201.000,-
7. Sumbangan alumnus.............................................................. Rp  ............. +
    Jumlah Sementara................................................................. Rp  301.000,-
           Terbilang : (Tiga Ratus Satu Ribu Rupiah).

C.      Kekurangan Anggaran
1. Pengeluaran.......................................................................... Rp. 1.932.500,-
2. Pemasukan Sementara.......................................................... Rp.     301.000,- -
            Defisit.................................................................................... Rp. 1.631.500,-
            Terbilang : (Satu Juta Enam Ratus Tiga Puluh Satu Ribu Lima Ratus Rupiah).


XII.          PENUTUP
Demikian proposal kegiatan ini kami ajukan, semoga kegiatan DIANPINRU 2014 ini dapat terlaksana sesuai dengan yang kami harapkam. Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terimakaasih.
Salam Pramuka

                                                                                                                         Bogor, 5 Juli 2014
            Ketua Panitia                                                                                              Sekretaris




                                                                                                            CC. Aschyfa Najwa
Jalu Juliansyah



Mengetahui

                                                                                   
Pembina Gugus                                                                                                Kepala Sekolah
                                                                                   



Andri Kiswanto                                                                              Abdul Laena, S.Pd. SST
NIP. 1919580301 198103 1 011

1 komentar: