I.
PENDAHULUAN
Kegiatan
organisasi Kepanduan (Kepramukaan) dapat menumbuhkanmental yang positif
serta mengembangkan dan meningkatkan kreatifitas bagi anggotanya agar dapat
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur,
memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani, berkepribadian yang
mantap dan mandiri serta memiliki rasa tanggungjawab.
Usaha pencapaian hal tersebut
dapat dilakukan melalui penyelenggaraan kegiatan yang menarik, bermutu dan
mengandung pendidikan sesuai dengan perkembangan peserta didik. Melalui suatu
bentuk kegiatan diharapkan anggota Pramuka dapat mengapresiasikan dan
mengaktualisasikan segala bentuk pemikirannya untuk dapat melaksanakan suatu
kegiatan yang positif di kalangan remaja.
Untuk itu bersamaan dengan
Hari Pramuka ke–50 dan Hari Ulang Tahun
Kemerdekaan Republik Indonesia ke–66 maka kami bermaksud memperingati hari
bersejarah tersebut melalui kegiatan “Perkemahan Tingkat Penggalang SDN Cinagara 03 Dalam
Rangka Memperingati Hari Pramuka Ke-50 dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan
Republik Indonesia Ke-66“. Gerakan Pramuka Gugus Depan SDN Cinagara 03 merupakan wadah kegiatan
pramuka yang aktif ikut serta
berpartisipasi menyelenggarakan kegiatan pembinaan kepramukaan di wilayah Kwartir Ranting 11.01.05 di
Kecamatan Caringin.
Untuk lebih
memantapkan konsistensi sebagai pangkalan yang eksis menyelenggarakan kegiatan
kepramukaan, baik internal maupun eksternal maka Gugus Depan SDN Cinagara 03 menyelenggarakan
kegiatan Geladian Pimpinan Regu atau disingkat DIANPINRU Tahun 2014. Dianpinru adalah salah satu usaha pelaksanaan prinsip-prinsip dasar metodik
pendidikan kepramukaan, khususnya penggunaan sistem beregu dalam pasukan
penggalang. Dianpinru merupakan sarana pemberian geladian atau latihan bagi
pemimpin regu dan wakil pemimpin regu. Dianpinru juga sebagai sarana bagi para
Pembina pramuka dan pembantu Pembina pramuka untuk menerapkan sistem among,
yaitu memberi kepercayaan dan tanggung jawab kepada para pemimpin regu dan
wakil pemimpin regu, untuk bersama-sama belajar mengelolah dan memimpin regunya.
II.
DASAR KEGIATAN
1. Anggaran
Dasar Gerakan Pramuka Bab II pasal 4 yang berbunyi Gerakan Pramuka mendidik dan
membina kaum muda Indonesia guna
mengembangkan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan
fisiknya sehingga menjadi :
a. manusia
berkepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur yang : (1) beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kuat mental, emosional, dan tinggi moral,
(2) tinggi kecerdasan dan mutu keterampilannya, (3) kuat dan sehat jasmaninya,
b. warga negara
Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara
Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan
berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama
bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian
terhadap sesama hidup dan alam lingkungan, baik lokal, nasional, maupun
internasional.
2. Anggaran
Dasar Gerakan Pramuka Bab II pasal 5 berbunyi Gerakan Pramuka mempunyai tugas Lpokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum
muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik,
bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan nasional serta
membangun dunia yang lebih baik.
3. Peringatan
Hari Pramuka dan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia dapat menumbuhkan jiwa
patriotisme yaitu peduli terhadap bangsa, negara, sesama manusia, dan alam
serta isinya.
4. Peduli
terhadap sesama dan diri sendiri.
5. Perkemahan
merupakan salah satu bentuk olahraga masyarakat yang mudah diikuti oleh
siapapun sehingga dapat menumbuhkan dan memelihara komunikasi yang sehat,
sportif, berprestasi serta mempunyai semangat solidaritas yang tinggi.
6. Sebagai manifestasi untuk taat
kepada Kode Kehormatan Pramuka yaitu Satya dan Darma Pramuka.
III.
NAMA KEGIATAN
DIANPINRU 2014
IV.
TEMA DAN MOTTO KEGIATAN
Menanamkan Jiwa Kepemimpinan Sejak Dini
V.
WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Dengan bermalam
Hari :
Sabtu-Minggu
Tanggal :
23-24 Agustus 2014
Tempat :
SDN Cinagara 03
VI.
TUJUAN
a. Membentuk pemimpin regu dan wakil
pemimpin regu yang baik dan cakap.
b. Mendorong para pembina pramuka dan
pembantu pembina pramuka menerapkan sistem among dan sistem
beregu sebaik-baiknya.
c. Memberi latihan praktek secara
praktis kepada para pemimpin regu dan wakil pemimpin regu penggalang,
dalam usaha mempraktekkan sistem beregu sebagai bekal untuk mengelola dan memimpin
regunya, serta membina kerjasama yang baik dalam pasukannya.
Sasaran
dianpinru adalah agar para pemimpin regu dengan dibantu oleh para wakil
pemimpin regunya mampu :
a. Mengelola dan memimpin regunya
b. Menyelenggarakan administrasi dan keuangan
regunya
c. Merencanakan, melaksanakan dan mengadakan
penilaian atas program kerja serta acara latihan dan kegiatan
regunya
d. Membuat laporan tentang pelaksanaan program
kerja dan kegiatan regunya
e. Meningkatkan mutu kecakapan, ketrampilan dan
kemampuan dirinya sendiri dan anggota regunya
f. Membina
kerjasama yang baik dalam pasukannya
g. Bermusyawarah
secara aktif dalam dewan
penggalang di pasukannya, untuk mewakili regunya
VII.
BENTUK DAN JENIS KEGIATAN
a. Dianpinru
dilaksanakan dalam bentuk latihan atau kegiatan praktek secara praktis, dengan
memberikan sekedar teori secara praktis pula, guna menjelaskan segala sesuatu
yang berhubungan dengan kegiatan tersebut
b. Dianpinru dilaksanakan :
1) Tanpa bermalam, diadakan
beberapa kali latihan dalam jangka waktu tertentu
2) Dengan bermalam ditenda dalam
perkemahan atau dalam asrama kelas
VIII.
PESERTA
Kelas VA
Putra :
13 siswa
Putri :
24 siswa
Jumlah seluruhnya 37 siswa
Kelas VB
Putra : 14 siswa
Putri : 25 siswa
Jumlah Seluruhnya 39 siswa
Kelas VIA
Putra : 15 siswa
Putrid : 24 siswa
Jumlahseluruhnya 39 siswa
Kelas VIB
Putra : 14 siswa
Putri : 25 siswa
Jumlah seluruhmya 39 siswa
Jumlah seluruh peserta 154 siswa
IX.
PANITIA
Pelindung : Komite Sekolah Dasar Negeri Cinagara 03
Penanggungjawab : Kepala Sekolah Dasar Negeri Cinagara 03
Penasehat : Dewan Guru SDN Cinagara 03
: Pembina Gudep SDN Cinagara 03
Koordinator Pelaksana
: Eko Sulistyo & Ujang Anton
Ketua
Pelaksana : Jalu Juliansyah
Sekertaris : CC.
Aschyfa Najwa
Bendahara : Siti
Khopipah
SEKSI – SEKSI
1. Sie.
Kegiatan
: Cyndy Tiara Paramitha (Koordinator),
Siti Nurlaela, Yulia Rahmawati, Aulia Irsyad Fahmi
2. Sie. Humas : Syahputri Marchelia (Koordinator)
Vini Vebriani, Novi Astriani, Vina Vebriana, Siti
Misdariah
3. Sie.
Logistik
: Ahmad Firdaos (Koordinator),
M. Rizal Sopandi, Dede Handayani,
Gugun Gumilar
4. Sie.
Keamanan : Salma Amalia Sandra
(Koordinator)
Ayu Apriliani, Siti Laraswati, Rosita Permatasari,
Siti Zakiah M
5. Sie.
Kesehatan : Aulia Irsyad Fahmi
(Koordinator)
Siti Nadiah Rahmawati, Damayanti, Zakiatunnisa,
Nurkania Kresna Puspa, Siti Nurlaela, Yulia Rahmawati
6. Sie.
Konsumsi : Siti
Neneng Hasanah ( Koordinator)
Ririn Aldawiyah, Rini Sulistiani, Nur Maya Sari, Evi
Salviah
7. Sie. Pubdok : Siti Salma
Nur Aulia (Koordinator)
Damayanti, Maya Andika, Siti Fatimah Irmawati
8. Tim
Survai : Siti Nurlita (Koordinator)
Rima Yulia, Ita Rosita, Siti
Elsa, Uni Meilani Sobandi, vivin sapinah
X.
JADWAL KEGIATAN
JADWAL KEGIATAN PERKEMAHAN SABTU MINGGU
PENGGLADIAN PEMIMPIN REGU
2014
NO
|
WAKTU
|
Uraian Kegiatan
|
Keterangan
|
Sabtu, 19
Mei 2012
|
|||
1.
|
15.30-16.00
|
Upacara
Pembukaan
|
All
|
2.
|
16.00-17.30
|
Uji Tanda
Kecakapan Khusus (TKK)
|
Peserta
|
3.
|
17.30-19.30
|
Isoma
|
All
|
4.
|
19.30-20.30
|
Upacara
Api Unggun dan Pelantikan Penggalang Rakit
|
Peserta
|
Minggu, 20
Mei 2012
|
|||
1.
|
04.30-05.00
|
Shalat
Subuh berjamaah
|
All
|
2
|
05.00-06.00
|
Olahraga
Pagi
|
All
|
3.
|
06.00-07.00
|
MCK dan
Sarapan Pagi
|
All
|
4.
|
07.00-08.30
|
Out Bound
|
Peserta
|
5.
|
08.30-09.00
|
Pramuka
Peduli Lingkugan
|
Peserta
|
6.
|
09.00-10.00
|
Upacara
Penutupan Geladian Pimpinan Regu
|
All
|
7.
|
10.00-
|
Sayonara
|
All
|
XI.
ANGGARAN KEGIATAN
KESEKRETARIATAN
1. Pembuatan
proposal.................................................................... Rp
20.000,-
2.
Pembuatan dan penggandaan
surat............................................. Rp 10.000,-
3.
Penyebaran proposal dan surat ...................................................
Rp 20.000,-
4.
ATK
.................................................................................... Rp
25.000,- +
Jumlah ....................................................................................
Rp 75.000,-
PERLENGKAPAN DAN LOGISTIK
1. Label
panitia Rp 1.500,- X @
45....................................................... Rp
67.500,-
2. Label
peserta (pemimpin regu) Rp 1.000,- X @ 40...........................
Rp 40.000,-
3. LCD
Projektor...............................................................................
Rp 150.000,-
4.
Piala/Medali & Piagam
Penghargaan.............................................. Rp 250.000,-
+
Jumlah.......................................................................................... Rp
507.500,-
KONSUMSI
1. Konsumsi
tamu Rp 10.000,- X 10 orang.......................................... Rp
100.000,-
2. Konsumsi
panitia Rp 10.000,- X 45 orang........................................ Rp
450.000,- +
Jumlah......................................................................................... Rp
550.000,-
PUBLIKASI dan DOKUMENTASI
Cuci cetak + Album.......................................................................... Rp
200.000,-
PERTOLONGAN PERTAMA GAWAT DARURAT ( PPGD )
Obat-obatan................................................................................... Rp
100.000,-
BIAYA TAK TERDUGA (HONOR NARASUMBER)
Honor
Narasumber 6 orang X Rp. 50.000,-........................................ Rp
300.000,-
Biaya tak
terduga............................................................................. Rp
200.000,- +
Rp
500.000,-
REKAPITULASI
ANGGARAN
A. Pengeluaran
1.
Kesekretariatan
.................................................................... Rp
75.000,-
2.
Perlengkapan dan Logistik......................................................
Rp 507.500,-
3.
Konsumsi...............................................................................
Rp 550.000,-
4. Publikasi
dan Dokumentasi..................................................... Rp
200.000,-
5.
PPGD.....................................................................................
Rp 100.000,-
6. Biaya Tak
Terduga.................................................................. Rp
500.000,- +
Jumlah...................................................................................
Rp 1.932.500,-
Terbilang :
(Satu Juta Sembilan Ratus Tiga Puluh Dua Ribu Lima Ratus Rupiah).
B. Pemasukan
1.
Subsidi/Bantuan sekolah........................................................
Rp …..………
2. Uang
Kas...............................................................................
Rp 100.000,-
3. Dana
kolektif siswa (Penggalang) @ Rp. 1.000,- X 201 orang..... Rp 201.000,-
7. Sumbangan
alumnus.............................................................. Rp
............. +
Jumlah
Sementara................................................................. Rp
301.000,-
Terbilang : (Tiga Ratus Satu Ribu Rupiah).
C. Kekurangan Anggaran
1.
Pengeluaran..........................................................................
Rp. 1.932.500,-
2. Pemasukan
Sementara.......................................................... Rp.
301.000,- -
Defisit....................................................................................
Rp. 1.631.500,-
Terbilang : (Satu Juta Enam Ratus Tiga Puluh Satu
Ribu Lima Ratus Rupiah).
XII.
PENUTUP
Demikian proposal
kegiatan ini kami ajukan, semoga kegiatan DIANPINRU 2014 ini dapat terlaksana
sesuai dengan yang kami harapkam. Atas perhatian Bapak, kami ucapkan
terimakaasih.
Salam Pramuka
Bogor, 5 Juli 2014
Ketua
Panitia Sekretaris
CC. Aschyfa Najwa
Jalu Juliansyah
Mengetahui
Pembina Gugus Kepala
Sekolah
Andri Kiswanto Abdul Laena, S.Pd. SST
NIP.
1919580301 198103 1 011
nuhun
BalasHapus