Jumat, 17 Oktober 2014

RPP KELAS 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 TEMATIK

Nama Sekolah               :   SD Negeri Ngalian 03 Semarang
Kelas / Semester            :   II ( dua ) / I (satu)
Tema / Subtema            :   Tugasku Sehari-hari  / Tugasku Sehari-hari di sekolah
Pembelajaran ke            :   3
Alokasi Waktu              :   6 x 35 menit ( 1 x pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
KI 1
:
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.n.
Indikator
3.2.5 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
4.2.1 Menulis cerita sederhana tentang kegiatan di sekolah
4.2.2 Menceritakan berbagai jenis kegiatan di sekolah.

Matematika
Kompetensi Dasar
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
Indikator
3.5.5 Membaca waktu yang ditunjukkan jarum jam
4.5.6 Menulis waktu yang ditunjukkan jarum jam
4.5.7 Membuat kartu jam
4.5.9 Menulis kegiatan yang dilakukan berdasarkan waktu yang ditunjukkan jarum jam

SBDP
Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis
4.6 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat
Indikator
3.2.5 Menyanyikan lagu berkaitan dengan kegiatan sekolah
4.6.1 Melakukan kegiatan tepuk tangan memainkan pola irama bervariasi lagu

.
C.    Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar tentang kegiatan melakukan tebak-tebakan, siswa dapat
    memprediksi isi teks bacaan dengan cermat.
2. Dengan teks cerita tentang kegiatan melakukan tebak-tebakan, siswa dapat membaca
    lancar dengan memperhatikan EYD secara cermat.
3. Dengan teks cerita tentang melakukan permainan tebak-tebakan, siswa dapat menjawab
    pertanyaan dari isi teks bacaan dengan percaya diri.
4. Dengan jawaban dari pertanyaan teks bacaan, siswa dapat mendiskusikan jawaban
    pertanyaan dengan disiplin dan penuh percaya diri.
5. Dengan cerita pada teks bacaan, siswa dapat menceritakan pengalaman tentang tugasnya
    di sekolah dengan percaya diri.
6. Dengan gambar jam analog, siswa dapat membaca waktu yang ditunjukkan jarum jam
    dengan cermat.
7. Dengan gambar jam analog, siswa dapat menulis waktu yang ditunjukkan jam analog
    dengan cermat dan penuh percaya diri.
8. Dengan menulis waktu yang ditunjukkan jam analog, siswa dapat menulis kegiatan yang
    dilakukan sesuai jarum jam yang ditunjukkan secara cermat dan dan dibuat dengan penuh
    kedisiplinan.
9. Dengan penugasan dan tanya jawab, siswa dapat membuat kartu jam dengan penuh
    percaya diri dan disiplin.
10. Dengan teks lagu, siswa dapat menyanyikan lagu berkaitan dengan kegiatan sekolah
      dengan disiplin dan percaya diri.
11. Dengan menyanyikan lagu, siswa dapat melakukan gerakan tepuk tangan dengan pola
      irama lagu bertanda birama empat dengan cermat dan penuh percaya diri.
D.    Materi Ajar
Bahasa Indonesia  : teks bacaan tentang bermain tebak-tebakan
Matematika           : permainan tebak-tebakan kartu jam
SBDP                    : membuat kartu jam

E.     Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode                              :  ceramah, diskusi, dan tanya jawab
Pendekatan                       : scientific ( mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / eksperime, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan )
Model Pembelajaran         : discovery learning
F.      Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
1.      Gambar berbagai tugas-tugas di sekolah
2.      Kartu jam
3.      Buku siswa tema Tugasku Sehari-hari
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Alokasi waktu
Karakter
1.    Pendahuluan
a.    Guru mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
b.   Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.
c.    Siswa memimpin berdoa untuk mengawali kegiatan pembelajaran.
d.   Guru mempresensi siswa.
e.    Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi :
-          Siapa yang dapat menyebutkan kegiatan di sekolah ?
-          Guru memberi motivasi  kepada siswa agar tetap semangat dalam menjalani kegiatan pembelajaran pada hari ini
-          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan.
(±20 menit)

Tanggung jawab
Religius

Religius

Disiplin
Rasa ingin tahu dan Perhatian




Rasa ingin tahu dan Perhatian
2.  Kegiatan Inti
Mengamati
a.    Guru menggali informasi untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
b.    Guru menunjukan gambar-gambar tentang tugas di sekolah
c.    Guru bertanya jawab dengan siswa untuk memberikan tanggapan terhadap gambar tersebut.
Bertanya
d.      Siswa membuat pertanyaan tentang aktivitas yang dilakukan pada gambar (menanya).
e.       Siswa mengajukan pertanyaan yang dibuat kepada temannya (menanya).
f.       Guru membimbing siswa menjawab pertanyaan yang diajukan temannya dengan percaya diri.
g.      Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan (mengasosiasi).
h.      Siswa mendiskusikan jawaban yang didapat
       (mengumpulkan informasi).
Berkreasi
i.        Siswa membaca petunjuk kerja sederhana tentang tugas membuat kartu jam (mengamati).
j.        Guru membimbing siswa membuat kartu jam dengan percaya diri.
k.      Siswa membuat kartu jam berdasarkan petunjuk kerja (mengumpulkan informasi).
Beraktifitas
l.        Siswa bermain tebak-tebakan menggunakan kartu jam yang dibuat secara berpasangan (mengumpulkan informasi).
Berlatih
m.    Guru membimbing siswa mengamati gambar jam analog dengan cermat.
n.       Siswa mengamati gambar tentang gambar jam analog (mengamati).
o.      Siswa menuliskan waktu yang ditunjukkan pada jam analog (mengasosiasi).
p.      Siswa menuliskan kegiatan sekolah yang dilakukan pada jam tersebut (mengomunikasikan).
Bernyanyi
q.      Guru membimbing siswa untuk menyanyikan lagu “Jika Ku Besar” dengan percaya diri
r.         Siswa mengamati lagu “Jika Ku Besar” disertai not angkanya (mengamati).
s.        Siswa menyanyikan lagu “Jika Aku Besar” disertai not angkanya disertai gerakan tepuk tangan dengan ritme yang tepat (mengomunikasikan).
t.         Siswa menulis daftar tugas yang telah dipelajarinya pada
u.      hari ini (mengasosiasi).
(±170 menit)

Rasa ingin tahu

Perhatian, aktif,  kreatif,dan
Perhatian
Aktif dan kreatif
aktif, dan kreatif
Perhatian,dan  Disiplin

Tanggung jawab, perhatian

Rasa ingin tahu

Teliti, dan Disiplin
Perhatian,  Kreatif, aktif, dan teliti
Kerjasama, dan aktif
Kreatif, dan teliti

Perhatian,
Disiplin


Rasa ingin tahu

3.       Penutup
a.    Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
b.   Siswa diberi kesempatan untuk mengerjakan lembar evaluasi.
c.    Setiap lembar evaluasi dikumpulkan pada guru.
d.   Guru menutup pembelajaran dengan memberikan tindak lanjut berupa PR mengerjakan soal pada buku siswa halaman 81 dan berdoa.
(±40 menit)

Disiplin

Tanggung jawab
Disiplin, kreatif, teliti
Disiplin
Perhatian
Religius

I.     Penilaian
Prosedur penilaian : Penilaian proses dan akhir
1.    Penilaian proses (menilai sikap dan proses)
Melalui penilaian aktivitas siswa saat mengerjakan tugas baik individu maupun diskusi.
2.    Penilaian akhir
Melalui penilaian tertulis dengan bentuk soal uraian (Individu).
J.  Bentuk Instrumen Penilaian
     1.  Muatan Bahasa Indonesia
2. Muatan Matematika




3. SBDP

INSTRUMEN PENILAIAN
Nama Sekolah               :   SD Negeri Ngalian 03 Semarang
Kelas / Semester            :   II ( dua ) / I (satu)
Tema / Subtema            :   Tugasku Sehari-hari  / Tugasku Sehari-hari di sekolah
Pembelajaran ke            :   3
Alokasi Waktu              :   6 x 35 menit ( 1 x pertemuan)
1.    Penilaian Sikap
SIKAP
BAIK SEKALI
(4)
BAIK
(3)
PERLU BIMBINGAN
(1)





2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (isian)
Tes tertulis : skor
Skor maksimal : 100
Penilaian :
Skor yang diperoleh
Skor maksimal x 100
a. Menjawab pertanyaan dari bacaan tentang kegiatan bermain tebak-tebakan
Tes Tertulis: Skor
Banyak Soal: 2 Soal
Kunci Jawaban:
1. ada, tugas siswa adalah melakukan tebak-tebakan secara berpasangan dan bekerja
    sama menyelesaikan tugas
2. jawaban disesuakan dengan pengalaman siswa
b. Menjawab pertanyaan tentang penulisan waktu dari kegiatan yang dilakukan
Banyak Soal : 4 Soal
Kunci Jawaban : 1. 09.30      2. 07.30           3. 12.30         4. 11.30


3. penilaian keterampilan
a. membuat kartu jam
b. rubrik penilaian menyanyikan lagu dengan iringan musik ritmik








c. menuliskan cerita tentang tugas di sekolah








        Kepala Sekolah                                                                                     Semarang, 26 Juni 2014
Guru Kelas II

         .......................                                                                                                Vindha Trisnaomi

12120003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar